2016/05/18

Doa Sholat Hajat


Doa Sholat Hajat
Doa Sholat Hajat – Sebagai insan yang tak luput dari segala keterbatasan maka  manusia pasti memiliki kebutuhan dan keinginan di dalam dunia ini, dan hal itu sebuah kewajaran selama tidak bertentangan dengan syariat  islam apalagi justru keinginan itu dilandasi karena keinginan lebih dekat dengan Tuhan Robb alam semesta ini, seperti kita menginginkan sebuah pekerjaan agar bisa punya penghasilan hingga bisa bersedekah dan tidak menyusahkan orang tua hal itu adalah sebuah kebaikan Bagi sesorang yang beriman,  tentunya segala kebutuhan hidup serta keinginan tersebut, tidak serta merta selalu ditempuh melalui jalan usaha secara praktis belaka. Namun, ia akan terlebih dahulu mengadukannya kepada Allah SWT, salah satunya dengan cara melakukan Shalat Hajat.

doa sholat hajat

Shalat Hajat adalah shalat sunat yang dikerjakan karena seseorang mempunyai maksud atau keperluan dan berharap Allah SWT mengabulkannya. Hajat atau keperluan ini ada yang kepada Allah SWT
Shalat Hajat, ditetapkan atau disyariatkan bagi  yang sedang memiliki kebutuhan atau permasalahan. Dan tentunya, ini lebih khusus  dibandingkan dengan shalat-shalat lain dan memiliki suatu keistimewaan sendiri dari Allah dan Rasulullah saw karena mengikuti sunah rosul
sholat hajat sebenarnya gak jauh berbeda dengan sholat umumnya dilakukan minimal 2 rakaat dan maksimal 12 raka’at dengan salam setiap 2 rakaat. Shalat ini dapat dilakukan kapan saja asalkan tidak pada waktu-waktu yang dilarang untuk melakukan

Tata cara dan doa sholat hajat

Yang harus dilakukan dalam sholat hajat sama dengan sholat yang lainnya  ialah niat terlebih dahulu, dan bagi sahabat muslim yang terbiasa dengan memakai usholi berikut  ini bacaan usholi

Ushallii sunnatal haajati rak’aataini lillaahi ta’aala.

Artinya: “Aku berniat shalat hajat sunah hajat dua rakaat karena Allah Ta’ala.”
setelah itu 
  • Membaca do’a iftitah
  • Membaca surat Al-Fatihah
  • Membaca salah satu surat didalam Al-Qur’an. Afdhalnya rokaat pertama membaca surat Al-Ikhlas dan rokaat kedua membaca ayat kursi (Surat Al-Baqarah : 255)
  • Ruku’ seperti biasa kita sholat dengan membaca Tasbih tiga kali
  • I’tidal dengan membaca bacaannya
  • Sujud dengan membaca Tasbih 3 kali
  • Duduk diantara dua sujud dengan membaca bacaannya
  • Sujud dengan membaca Tasbih 3 kali
    Setelah rokaat pertama, lakukan rokaat kedua sebagaimana cara di atas, kemudian tasyahud akhir setelah selesai maka membaca salam dua kali.

Dzikir dan Do’a Shalat Hajat

Setelah selesai Shalat Hajat, dianjurkan membaca istighfar 100x, seperti kalimat istigfar yang biasa kita baca atau istigfhar sebagai berikut:
 Astaghfirullahal ladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyuumu wa atuubu ilaihi
Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepadanya.

Setelah itu  lalu membaca shalawat nabi 100x, yakni:

Allahuma shalli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin shalaatarridhaa wardha ‘an ashaabihir ridhar ridhaa.

Artinya: “Ya Allah, beri karunia kesejahteraan atas jungjunan kami Muhammad, kesejahteraan yang diridhai, dan diridailah daripada sahabat-sahabat sekalian.”

Do’a Shalat Hajat


Tata cara doa sholat hajat

Laa ilaha illallohul haliimul kariimu subhaanallohi robbil ‘arsyil ‘azhiim. Alhamdu lillaahi robbil ‘aalamiin. As `aluka muujibaari rohmatika wa ‘azaaima maghfirotika wal ghoniimata ming kulli birri wassalaamata ming kulli itsmin Laa tada’ lii dzamban illa ghofartahu walaa hamman illaa farojtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimiin.

Artinya: “Tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Lembut dan Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan pemelihara Arsy yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu-lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Paling Pengasih dan Penyayang.”

Setelah itu, mohonlah kepada Allah apa yang kita inginkan, insya Allah, Allah mengabulkannya. Amin.

Demikian sahabat muslim penjelasan mengenai bacaan serta tata cara dalam melakukan Sholat Hajat, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk pembaca semua, dan setelah melakukan Shalat Hajat tersebut semoga apa yang anda inginkan dapat dikabulkan oleh ALLAH SWT, Amien

0 komentar:

Posting Komentar